DELAPAN DIMENSI PROFIL LULUSAN
DELAPAN DIMENSI PROFIL LULUSAN

- Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
Individu yang memiliki keyakinan teguh akan keberadaan Tuhan YME dan menghayati serta mengamalkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari. - Kewargaan
Individu yang memiliki rasa cinta tanah air serta menghargai keberagaman budaya, mentaati aturan dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki kepedulian dan tanggung jawab sosial, serta berkomitmen untuk menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan keberlanjutan kehidupan, lingkungan, dan harmoni antarbangsa dalam konteks kebhinekaan global. - Penalaran Kritis
Individu yang mampu berpikir secara logis, analitis, dan reflektif dalam memahami, mengevaluasi, serta memproses informasi untuk menyelesaikan masalah. - Kreativitas
Individu yang mampu berpikir secara inovatif, fleksibel, dan orisinal dalam mengolah ide atau informasi untuk menciptakan solusi yang unik dan bermanfaat. - Kolaborasi
Individu yang mampu bekerja sama secara efektif dengan orang lain secara gotong royong untuk mencapai tujuan bersama melalui pembagian peran dan tanggung jawab. - Kemandirian
Individu yangmampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya sendiri dengan menunjukkan kemampuan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, dan menyelesaikan tugas secara tepat tanpa bergantung pada orang lain. - Kesehatan
Individu yang memiliki fisik yang prima, bugar, sehat, dan mampu menjaga keseimbangan kesehatan mental dan fisik untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin (well-being). - Komunikasi
Individu yang memiliki kemampuan komunikasi intrapribadi untuk melakukan refleksi dan antarpribadi untuk menyampaikan ide, gagasan, dan informasi baik lisan maupun tulisan serta berinteraksi secara efektif dalam berbagai situasi.
SKL Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
|
|
|
|
Dimensi |
Deskripsi Kompetensi |
|
Keimanan dan Ketakwaan |
Memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama dengan kesadaran, menunjukkan akhlak mulia di kehidupan pribadi, sosial, dan kerja, serta menjaga keseimbangan ilmu dan moralitas. |
|
Kewargaan Aplikasi sekolah |
Bangga terhadap identitas dan budaya, menghargai keragaman secara adil, menolak stereotip, menaati aturan, serta berinisiatif menjaga NKRI. |
|
Penalaran Kritis |
Memiliki rasa ingin tahu, menganalisis masalah kompleks terkait keahlian, menyampaikan argumen berbasis bukti, memilah informasi valid, serta menggunakan literasi dan numerasi untuk menyelesaikan masalah. |
|
Kreativitas |
Menunjukkan perilaku produktif, menciptakan karya inovatif sesuai bidang keahlian, dan menemukan solusi untuk masalah lingkungan. |
|
Kolaborasi |
Menunjukkan sikap peduli, berbagi secara aktif, dan bekerja sama dalam kelompok beragam di sekolah, masyarakat, dan dunia kerja. |
|
Kemandirian |
Bertanggung jawab, berinisiatif, beradaptasi, memiliki etos kerja, dan melakukan refleksi untuk meningkatkan kemampuan keahlian. |
|
Kesehatan |
Mengembangkan kesadaran hidup bersih dan sehat, menerapkan prinsip kebugaran, kesehatan, dan keselamatan kerja, serta menjaga kesehatan lingkungan. |
|
Komunikasi |
Mampu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis untuk menganalisis dan mengomunikasikan gagasan sesuai etika dalam konteks keahlian dan dunia kerja menggunakan berbagai moda komunikasi. |
Oleh : Makrus, SPi, MSi,
Waka Kurikulum SMKN 2 Indramayu
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMK Negeri 2 Indramayu Raih Juara Harapan 2 dalam Festival Literasi Kabupaten Indramayu 2025
Prestasi membanggakan kembali diraih oleh SMK Negeri 2 Indramayu. Dalam ajang Festival Literasi Kabupaten Indramayu Tahun 2025, sekolah ini berhasil meraih Juara Harapan 2 pada katego
SMK Negeri 2 Indramayu Tampil Inspiratif di Festival Literasi Kabupaten Indramayu 2025: Pamerkan Karya dan Wujudkan Semangat Pancawaluya
SMK Negeri 2 Indramayu turut ambil bagian dalam Festival Literasi Kabupaten Indramayu 2025 yang diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu. Kegiatan yang be
Kegiatan Literasi Berbahasa Inggris di SMK Negeri 2 Indramayu
Indramayu – SMK Negeri 2 Indramayu kembali melaksanakan kegiatan literasi rutin, yang pada kesempatan kali ini difasilitasi oleh MGMP Bahasa Inggris. Kegiatan ini berlangsung di