Rekayasa Perangkat Lunak

Membuat Aplikasi Desktop, Mobile, Web, Dll.

Rekayasa Perangkat Lunak

Tentang RPL

Menciptakan peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi, peserta didik dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja dan siap melanjutkan kejenjang Pendidikan yang lebih tinggi (kuliah).



Visi & Misi

Visi

“Menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Model berbasis IPTEK dan Berwawasan Global Yang Mempunyai Kreatif Lokal.“

Misi

1. Menghasilkan lulusan sesuai standar kompetensi lulusan dan diperkarya dan sertifikat keahlian berstandar nasional dan atau Internasional.
2. Menumbuhkan jiwa wirausaha dan kemandirian melalui unit produksi dan Teaching Factory.
3. Meningkatkan saran dan prasarana yang dapat dimanfaatkan peserta didik dalam mengembangkan potensi dibidang akademik dan non-akademik.
4. Meningkatkan kinerja sekolah (prestasi akademik dan non-akademik) melalui inovasi dalam inputan dan proses pembelajaran.
5. Menerapkan system manajemen mutu 9001 tahun 2013 dan pengelolaan lingkungan 41000 pada 2007.
6. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pelaksaan kegiatan belajar mengajar.
7. Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan dan menerapkan system administrasi sekolah berbasis TIK pada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan.
8. Menjalin kementrian dengan stakeholder yang unggul didalam negeri dan atau luar negeri.
9. Berkontribusi pada peningkatan daya saing tenaga kerja tingkat menengah dan kearifan local melalui Pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia.





Mata Pelajaran Produktif dan Sarana Prasarana

Mata Pelajaran Produktif

1. Pemrograman Web, Materi yang di ajarkan adalah Bahasa Pemrograman HMTL, CSS dan PHP.
2. Pemrograman Desktop, Aplikasi yang di gunakan adalah Visual Basic.
3. Pemrograman Java, Aplikasi yang di gunakan adalah Netbeans.
4. Pemrograman Mobile, Aplikasi yang di gunakan adalah Android Studio.
5. Administrasi Basis Data Aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Acces.
6. Perakitan Komputer.
7. Sistem Operasi.
8. Jaringan Dasar.

Sarana Prasarana

Laboratorium RPL memiliki 3 ruangan lab, dengan sarana yang lengkap yaitu adanya Projector, Pendingin (AC), CCTV dan Screen GTC.

Kumpulan Foto Sarana

Laboratorium Pemrograman 1

Laboratorium Pemrograman 2

Laboratorium Pemrograman 3

Laboratorium ini Mempunyai 31 Set Komputer

Laboratorium ini Mempunyai 26 Laptop Siap Digunakan

Laboratorium ini juga mempunyai infocus untuk menunjang kebutuhan belajar

Laboratorium ini juga mempunyai 2 AC untuk Pendingin Ruangan Supaya tidak Panas

Laboratorium ini juga mempunyai 2 AC untuk Pendingin Ruangan Supaya tidak Panas

Laboratorium ini juga mempunyai infocus untuk menunjang kebutuhan belajar


Dunia Usaha Dan Dunia Industri

Dunia usaha dan dunia industri adalah suatu bidang yang bersifat komersial yang menggunakan ketrampilan kerja siswa siswi untuk membuat atau menghasilkan pada bidang pekerjaan yang digeluti selama masa Praktek Kerja Lapangan baik yang berupa jasa maupun non jasa, yang dilakukan selama kurang lebih 6 bulan.

Program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga memiliki beberapa tempat Dunia Usaha dan Dunia Industri diantaranya :

1. Tygra Tech Bandung
2. Applysit Corp Bandung
3. IKMI Cirebon
4. Carefur Cirebon
5. V-Graphic Cirebon
6. Balai Desa Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung Cirebon
7. Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Indramayu
8. AMIK Purnama Niaga Indramayu
9. Badan Keuangan Daerah Indramayu
10. Mulya Computer
11. Farcar Indramayu
12. Kementrian Agama Kabupaten Indramayu





Uji Kompetensi


Uji Kompetensi (UJIKOM) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada suatu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UJIKOM bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesui Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.
UJIKOM dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada satu event, di akhir UJIKOM Taruna/i berhak mendapatkan sertifikat Sertifikasi diselenggarakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 4 Tahun 2018 Tentang Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah dan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).



Kumpulan Foto UJIKOM

Pembuatan Website untuk Ujikompetensi RPL

Pembuatan Website untuk Ujikompetensi RPL

Pembuatan Website untuk Ujikompetensi RPL

Pembuatan Website untuk Ujikompetensi RPL

Penguji Internal UJIKOM (Abdul Gofur, S.Kom)

Pembuatan Website untuk Ujikompetensi RPL

Ketua Program Keahlian RPL

Alhamdulilllah, dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas terbitnya web resmi SMK Negeri 2 Indramayu. Dengan hadirnya web ini diharapkan memberikan kontribusi bagi para pengunjung, sehingga dapat dengan mudah memperoleh informasi dengan mudah dan akurat. Baik informasi tentang profil Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Harapannya semoga semua Civitas Akademik baik dari dalam maupun dari luar, agar dapat memberikan sumbangan yang bernilai positif untuk meningkatnya pelayanan informasi dan data kepada Taruna/i, Alumni, dan Pengguna serta Masyarakat secara luas. Akhir kata saya ucapan terimakasih kepada seluruh pengunjung yang selalu dengan setia mengakses berbagai informasi dan data dari web ini. Kritik dan saran serta masukkan untuk meningkatkan tampilan dan informasi sangat kami harapkan.

Fian Arifiani, S.Kom

SMK NEGERI 2 INDRAMAYU

Profil

Alamat : Jl. Raya Pabean Udik, No. 15, Indramayu-Jawa Barat 45219

Telp/Faks. +62 (0234) 276308/+62 (0234) 276308

Lokasi : -6.317125, 108.327094

Fasilitas
Login

Khusus OTEK.