PMR Korps Relawan Bahari

SMK Negeri 2 Indramayu mempunyai jenis ekstrakurikuler yang beragam. Kegiatan ekstrakurikuler atau yang lebih populer dengan sebutan eskul ini tidak hanya bertujuan untuk menjalin sosialisasi bersama teman. Tetapi juga berguna agar kita bisa belajar tenggang rasa dan mandiri.

Manfaat lainnya juga dapat membuat kita semakin menjadi pribadi yang lebih mandiri dan percaya diri. Salah satu eskul pilihan wajib di SMK Negeri 2 Indramayu adalah Palang Merah Remaja atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Korps Relawan Bahari.





Pembina & Pelatih PMR

Bpk Idris, S.Pd dan Bpk. Tarjono Yayan





Struktur Organisasi PMR

Kegiatan di Eskul PMR SMK Negeri 2 Indramayu

  1. Demonstrasi Eskul

  2. Demonstrasi Eskul ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan eskul-eskul yang berada di smkn 2 indramayu. Demonstrasi eskul yang dilakukan oleh anggota PMR ini yang paling utama adalah kegiatan yang berada didalamnya.
    Demonstrasi eskul yang dilakukan senior PMR kepada catar-catir (calon taruna taruni) SMKN 2 Indramayu dengan tujuan untuk menarik minat menjadi anggota eskul PMR itu sendiri. Kegitan demosntrasi eskul ini dilakukan di ruang aula smkn 2 indramayu.



  3. Latihan Rutin Eskul PMR

  4. Latihan eskul PMR ini dilaksanakan rutin pada hari jumat, biasanya sebelum mereka memulai materi diawali dengan baris terlebih dahulu lalu melakukan pengabsenan kemudian pengumpulan iuran mingguan. Pakaian yang digunakan pada saat latihan yaitu baju merah polos, celana pramuka, memakai krudung coklat dan menggunakan shal MPR. Dalam pemakaian baju latihan pun harus sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan. Jika salah satu anggota tidak memakai pakaian yang sesuai biasanya senior memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan. Penyampaian materi latihan setiap minggunya berbeda, kegiatan penyampaian materi dilakukan di dalam ruangan. Pada saat penyampaian materi pun ada aturannya sendiri sebelum melakukan penyampaian materi para senior anggota PMR ini mengumpulkan handphone junior-junior agar pada saat materi dimulai bisa berjalan lancar dan junior pun fokus pada materi yang disampaikan.

    Materi-materi yang biasa disampaikan antara lain tentang :
    1. PP (Pertolongan pertama)
    2. PP (Pertolongan pertama)
    3. Tandu
    4. P3K

    Setelah penyampaian materi selesai, junior ditugaskan untuk menghapal materi tersebut kemudian mempraktekan perkelompok.



  5. Pencalonan Dewan

  6. Kegiatan pencalonan yang dilakukan olah junior yang ingin melanjutkan tugas dewan yang sudah hampir selesai masa aktifnya.



  7. Kegiatan Peduli Sosial

  8. Bukan hanya kegiatan latihan saja, eskul SMKN 2 Indramayu ini juga turut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan misalnya pada korban bencana banjir, tsunami, gunung meletus, dll.

    Kegiatan ini dilakukan di berbagai tempat, biasanya anggota PMR melakakukan kegiatan penggalangan dana partisipasi dari siswa-siswi SMKN 2 Indramayu kemudian ke masyarakat sekitar indramayu, dana yang sudah terkumpul kemudian disalurkan kepada koordinator penyaluran dana untuk disalurkan pada korban.



  9. Kegiatan Donor Darah

  10. Kegiatan donor darah yang dilakukan oleh smkn 2 indramayu. Anggota PMR bertugas membantu petugas PMI dalam pelaksaan kegiatan donor darah.



  11. Khitan Masal

  12. Khitan masal ini dilaksanakan dalam rangka merayakan Milad SMK Negeri 2 Indramyu yang ke-16 tahun pada 27 Februari 2019 lalu. Kegiatan ini diikuti lebih dari 10 anak dari masyarakat setempat.



  13. Pembuatan Tandu Bambu

  14. Kegiatan rutinan yang dilakukan setiap hari senin, tandu itu dibuat untuk mengantisipasi jika ada peserta dalam kegiatan upacara atau apel pagi harian yang sakit, anggota PMR bertugas berjaga di belakang dan mengawasi peserta upacara. Jika pada kegiatan upacara peserta sakit maka anggota PMR yang menangani.



SMK NEGERI 2 INDRAMAYU