Marching Band Gita Bahari

Marching Band Gita Bahari didirikan pada tahun 2004 oleh Bapak Saeful Juntan, S.Pd, nama Gita Bahari tersebut mempunyai arti, yaitu Gita yang diartikan dengan suara sedangkan Bahari diartikan sebagai lautan jadi arti dari Gita Bahari sendiri adalah suara lautan dan nama itu dibuat oleh Bapak Saeful Juntan, S.Pd




Visi & Misi

Marching Band Gita Bahari

Visi

“Menjadikan Rumah komunitas dalam seni, kreasi, organisai dan persaudaraan”

Misi

1. Giat berlatih

2. Teladan sesame dan berbakti kepada organisasi

3. Harus bersemangat dan berprestasi

4. Mandiri dakam berkarya




Pembina & Pelatih Marching Band

Bpk Sofyan Andi, S.Pd dan Mas Kuswoyo





Struktur Organisasi

Struktur organisasi ini didasarkan pada angkatan dan akan selalu di ubah setiap tahun nya sebagaimna pada Eskul dilakukan di SMK Negeri 2 Indramayu, struktur tersebut terdiri dari :

- Dini Widiyawati Sebagai Komandan

- Alif Mulyana Sebagai Wakil Komandan

- Nurfaisal Sebagai Kostar

- Sahrul Maulana Sebagai Wakil Kostar

- Makur, Ari, Dini Artini, Monica Sari Sebagai Polkostar

- Kiranto, Agung Selamet, Arief Sebagai Koorinator Lapangan

- Dandi, Wastoni, Ade Sucipto, Yogi Sebagai Seksi Alat

- Tiah Ayuni, Tyas Andini sebagai Sekretaris

- Rina. Rahmawati Sebagai Bendahara




Foto - foto Alat yang dimiliki

Marching Band Gita Bahari

Ballera

Alat musik melodi drum band yang terdiri dari bilah-bilah logam persegi (lyra) yang setiap logam memiliki nada tersendiri, dan dimainkan dengan cara dipukul dengan stik yang ujungnya terbuat dari mika. Fungsi utama bellyra adalah memainkan nada-nada melodi, yakni nada-nada lagu yang dimainkan oleh unit drum band sehingga pemirsa dapat menentukan/menebak lagu apa yang sedang dimainkan, dan berada di belakang bass drum di setiap paradenya. Lagu-lagu yamh dimainkan adalah lagu-lagu melodi, yang meliputi lagu-lagu yang biasa kita dengar melalui media-media elektronik. Bellyra merupakan simbol keharmonisan melodi dari sebuah unit drum band.

BASS

Bass berfungsi seperti senar yaitu sebagai penentu ketukan tetapi hanya mengambil irama sebagian besarnya saja.

Bendera (CG)

Instrumen bendera tidak digunakan untuk bermain musik, melainkan dimanfaatkan oleh pemainnya sebagai alat bantu aksi tari untuk menghasilkan efek-efek visual tertentu yang mendukung penampilan. Pada prakteknya, pemain instrumen ini tidak selalu menggunakan bendera sebagai aksesori.

Terompet

Terompet dalam penampilan musik marching band digunakan sebagai soprano, umumnya memainkan melodi dalam musik. Meski demikian umumnya dalam aransemen musik marching band fungsionalitas soprano dibagi menjadi dua atau tiga kelompok untuk memainkan nada yang berbeda (biasanya mengisi rentang suara sopran, dan mezzo-sopran). Di Indonesia umumnya grup-grup marching band menggunakan terompet bernada dasar B♭, namun terdapat pula grup-grup marching band yang menggunakan terompet bernada dasar G.

Kuarto

Kuarto pada dasarnya seperti trio tom-tom yang fungsinya memberikan irama dan nada ritmis dalam permainan marching band dan dalam permainannya biasanya kuarto tom-tom atau trio tom-tom selalu mngisi celah kosong atau nada-nada yang kosong agar dalam permainan marching band tidak terasa ada yang kosong,dan biasanya selalu mendahului atau membuka permainan marching band dengan irama ketukannya.

Quintom

Quintom juga merupakan Alat Musik yang sejenis, namun bedanya dari Trio Tom dan Quartom adalah, jumlah Tom yang terdiri dari lima buah. Dengan ukuran yang jauh lebih besar. oleh karena itu Quintom biasanya lebih cocok dimainkan oleh Sekolah tingkat SMA dan Perguruan tinggi.

snare drum

Merupakan drum yang di lengkapi dengan beberapa baris tali senar yang di entangkan secara melintang pada membran yang terdapat pada sisi sebelah bawah.




Foto - foto Kegiatan

Marching Band Gita Bahari

Foto Serah Terima Jabatan

Marching Band Gita Bahari, HUT Indramayu

Foto Menjelang Perlombaan, HUT Indramayu

Foto Latihan MBGB

Foto Latihan MBGB

Foto Latihan MBGB

Foto Latihan MBGB

Foto Latihan MBGB

Pembina dan Pelatih

SMK NEGERI 2 INDRAMAYU